Inilah Arti Keramik

Inilah Arti Keramik. Bagi orang awam mendengar kata keramik di benaknya langsung tertuju pada sesuatu benda yang dibutuhkan dalam renovasi atau membangunan rumah. Benda itu berfungsi sebagai penutup lantai atau dinding.

Inilah Arti Keramik

Namun sesungguhnya keramik adalah istilah dari sebuah benda yang terbuat dari tanah liat. Keramik berasal dari kata Yunani “keramikos” yang  berarti “potery” atau benda yang terbuat dari tanah liat.

Awalnya keramik terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan dipotong secara manual kemudian dijemur di panas matahari atau dibakar. Lalu berkembang dengan menambahkan cetakan kayu dengan pola khas saat itu sehingga terbentuk tekstur yang menawan pada keramik.

Setelah muncul oven khusus untuk pembakaran keramik yang menghasilkan panas tinggi proses keramik mengalami perkembangan yang pesat. Keramik yang dihasilkan lebih sempurna dan tidak mudah pecah. Ditambah lagi ketika teknik glasir ditemukan keramik bisa tampil lebih mengilap dan warna-warna menarik. Motif yang kerap dituangkan  di atas keramik antara lain: gemotri, bunga dan fauna.

Kini produksi keramik dilakukan secara massal dengan mengandalkan teknologi pabrikasi yang semakin canggih. Komposisi materialnya tidak hanya tanah liat saja, komposisi bahan sebagai berikut:

  1. Kaolin (aluminium silikat)
  2. Pasir (pasir kuarsa ataupun biasa)
  3. Dan tambahan beberapa mineral: mika, feldspar serta besi.

Semua bahan tersebut umum ada di alam

Kompoisi bahan seperti tersebut lalu diolah dan dibentuk menjadi keramik dan dibakar sampai sekeras beton.

Baca juga : Semen Bahan Pokok Bangunan

Demikian pula dengan disainnya. Saat ini desain keramik semakin inovatif dengan motif, tektur dan bentuk yang begitu atraktif.

Inilah Arti Keramik

Kelebihan dan kemudahan lagi yang diberikan keramik modern adalah spesifikasinya lengkap sehingga kita leluasa memilih keramik untuk:

  1. Lantai interior
  2. Lantai eksterior
  3. Lantai dinding
  4. Lantai kedap air

Masing-masing memiliki sifat yang dimodifikasi yang sedemikian sehingga sesuai dengan kondisi beban yang diterima. Hal inilah yang membuat material keramik bisa awet dan mudah dirawat.

Jadi, kini tergantung Anda, tinggal pilih keramik yang sesuai kebutuhan. Mau keramik yang model apa, motif apa, peruntukkannya dimana? Inilah Arti Keramik.

Sumber: majalah Rumah Ide

Penulis: warna rupa sejati inside

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *